Selasa, 29 November 2011

Furnitur Kayu Jati



Mengapa banyak orang yang menggilai furnitur berbahan kayu jati? Padahal jika dibandingkan dengan kayu lainnya, kayu jati harganya sangat mahal dan sekarang semakin sulit didapat. Ditambah lagi dengan bobotnya yang sangat berat sehingga cenderung kurang fleksibel untuk dipindah-pindahkan.

Tapi alasan yang menjadikan kayu jati tetap menjadi incaran orang terutama para pecinta perabot etnik adalah karena kekuatan, keawetan dan keindahannya. Secara teknis, kayu jati memang memiliki kelas kekuatan dan kelas keawetan kelas satu. Selain itu, kayu ini juga sangat tahan terhadap serangan rayap sekaligus tidak mudah berubah bentuk oleh perubahan cuaca. Apalagi yang menjadi kehebatan kayu jati dan dalam bentuk furnitur apa saja Anda bisa temui kayu jati ini?

Furnitur dan ukir-ukiran

Meskipun keras dan kuat, kayu jati mudah dipotong dan dikerjakan, sehingga disukai untuk dibuat menjadi produk furnitur dan ukir-ukiran. Kayu jati yang diampelas halus memiliki permukaan yang licin dan seperti berminyak. Pola-pola lingkaran tahun pada kayunya juga akan nampak jelas, sehingga menghasilkan gambaran yang indah. Dengan kehalusan tekstur dan keindahan warna inilah membuat jati digolongkan sebagai kayu mewah. Oleh karena itu, jati banyak diolah menjadi furnitur taman, mebel interior, kerajinan, panel, dan anak tangga.

Lemari kayu jati juga menjadi favorit produk furnitur, mulai dari lemari pajangan, lemari televisi, sampai ke lemari pakaian. Meski demikian, Anda harus tetap merawatnya dengan telaten.

Supaya awet

Berikut adalah tips untuk menjaga furnitur kayu jati Anda tetap awet:

1. Sebaiknya sebelum Anda membeli perabot yang terbuat dari kayu jati, Anda tidak perlu memakai finishing. Karena ternyata kayu tanpa finishing lebih mudah dibersihkan daripada yang berlapis cat atau dipernis. Kayu dengan finishing biasanya tidak tahan air karena lapisan luarnya. Berbeda dengan perabot kayu tanpa finishing yang jika terkena noda atau berjamur, cukup dibersihkan dengan air dan sabun. Dan ini tidak akan membuat lapisan menjadi mengelupas.

2. Jika furnitur kayu jati Anda punya banyak ukiran yang detil, sebaiknya Anda memakai kuas untuk membersihkan tiap sudutnya. Dan setelah bersih dari debu, pakailah cairan pembersih khusus kayu yang banyak dijual di pasaran. Selain membersihkan, cairan ini juga untuk menjaga kilau perabot kayu. Setelah itu, lap memakai kain kering dan bersih agar tidak terlalu lembab.

0 komentar:

Posting Komentar